Rabu, 21 Agustus 2013

IKLIM DI BERBAGAI NEGARA

IKLIM DI BERBAGAI NEGARA

BENUA ASIA

SINGAPURA
Letak Astronomi         : 1015’LU - 1030’LU dan 103038’BT – 1040BT
Iklim dan Cuaca          : Singapura beriklim tropis dengan suhu rata-rata 250C-310C.

THAILAND
Letak Astronomis       : 5032’LU - 20028’LU dan 970BT-1060BT
Iklim dan Cuaca          : Thailand beriklim tropis yang ramah dengan musim semi dari Maret                                                       sampai Mei yang mana musim hujan tetap banyak matahari di Juni sampai September, dan musim dingin dari Oktober sampai Februari. Rata-rata suhu tahunan adalah 28©C.

CHINA
Letak Astronomis       : 18º LU-54º LU dan 73º BT-135º
Iklim                            : Sub Tropis, yang bagian pedalamannya dingin dan kering,                                         m                                  tenggaranya lebih basah karena masih dipengaruhi oleh iklim laut.

INDIA
Letak astronomis         : 8º LU-37º LU dan 68º BT-97º BT.
Iklim                            : Iklim Tropis dan Sub tropis yang dipengaruhi oleh angin Muson.

ARAB
Letak astronomis         : 15º LU-32º LU dan 34º BT-57º BT.
Iklim                            : Beriklim Tropis di selatan dan Sub Tropis di utara, serta beriklim     x                          c                                    continental darat.

JEPANG
Letak Astronomis       : 30º LU-47º LU dan 128º BT-146º BT
Iklim                            : Secara keseluruhan iklimnya yaitu muson laut sedang

KOREA SELATAN
Letak astronomis         : 33˚06’40” LU sampai 43˚00’39” LU dan 124˚11’00” BT sampai  131˚52’42” BT
Iklim                            : iklim Korea selatan dipengaruhi oleh iklim dari daratan Asia dan memiliki 4 musim. Musim panas di Korea selatan yang dimulai bulan Juni bisa mencapai temperatur 40 derajat celcius (di kota Daegu), yang ditandai dengan datangnya musim hujan yang jatuh pada akhir bulan Juli sampai Agustus di seluruh bagian semenanjung. Sementara temperatur musim dinginnya rata-rata dapat jatuh pada suhu sejauh minus 10 derajat celcius di beberapa propinsi. Korea Selatan juga rentan akan serangan angin taifun yang menerjang selama bulan musim panas dan musim gugur. Beberapa tahun belakangan ini Korea selatan juga sering dilanda badai pasir kuning yang dibawa dari gurun gobi di Cina yang juga melanda Jepang dan sejauh Amerika Serikat.



BENUA AUSTRALIA

AUSTRALIA
Letak astronomis         : 113 BT- 155 BT dan 10 LS – 43 LS
Iklim                            : Iklim Australia sangat dipengaruhi oleh arus samudra, termasuk Dipol Samudra Hindia dan Osilasi El-Niño Selatan, yang berkorelasi dengan kekeringan yang berkala, dan sistem tekanan rendah tropis bermusim yang menghasilkan siklon di utara Australia. Faktor-faktor ini mengimbasi curah hujan yang variatif dari tahun ke tahun. Sebagian besar utara negara ini memiliki iklim hujan musim panas dominan tropis (monsoon). Di bawah tiga per empat Australia terletak sebuah gurun atau zona kurang subur. Pojok Barat Daya Australia Barat memiliki iklim Mediterania. Banyak bagian di tenggara (termasuk Tasmania) adalah beriklim sedang.



SELANDIA BARU
Letak Astronomis       :  29° LS sampai 53° LS, dan 165° BT sampai 176° BT.
Iklim                            : Selandia Baru beriklim lautan yang sedang dengan suhu rata-rata tahunan berkisar antara 10 °C di selatan sampai 16 °C di utara. Maksima dan minima yang pernah dicatat adalah 42,4 °C di Rangiora, Canterbury dan −25,6 °C di Ranfurly, Otago. Kondisi sangatlah bervariasi dari satu region ke region lainnya, dari yang sangat basah di Pesisir Barat Pulau Selatan sampai yang hampir semi-gersang di Otago Tengah dan Cekungan Mackenzie di Pedalaman Canterbury dan subtropis di Semenanjung Auckland Utara. Di antara tujuh kota terbesar, Christchurch adalah yang paling kering, rata-rata hanya menerima 640 milimeter curah hujan per tahun dan Auckland adalah yang paling basah, menerima hampir dua kali lipat yang diterima Christchurch. Auckland, Wellington, dan Christchurch semuanya menerima rata-rata 2.000 jam paparan sinar matahari per tahun. Bagian selatan dan barat-daya Pulau Selatan beriklim lebih sejuk dan lebih berawan, dengan kira-kira 1.400–1.600 jam paparan sinar matahari per tahun; bagian utara dan timur-laut Pulau Selatan adalah wilayah yang paling cerah di negara ini dan menerima kira-kira 2.400–2.500 jam paparan sinar matahari per tahun.


BENUA AMERIKA
USA
letak Astronomis         : 590 LS - 720 LU dan 360 BB - 1630 BT
Iklim                            : Iklimnya bermacam-macam menurut keadaan geografisnya, dari tropis (panas dan kering di musim panas, hangat di musim dingin) di Florida sampai tundra (dingin sepanjang tahun) di Alaska. Sebagian besar negara ini memiliki musim panas yang hangat dan musim salju yang dingin. Sejumlah bagian AS, seperti bagian California, memiliki iklim Mediterrania.

KANADA
Letak astronomis         : 720 LU-590 LS dan 1630 BB-360 BB.
Iklim                            : Kanada terkenal dengan iklimnya yang dingin. Musim dingin di sini dapat menjadi sangat kasar di banyak daerah, dengan risiko badai salju dan badai es dan suhu mencapai serendah -50 °C dapat terjadi di Utara. Pesisir British Columbia menjadi suatu pengecualian; dia memiliki iklim musim dingin yang lebih ringan dari tempat lainnya.Di wilayah yang padat penduduknya, musim panasa berkisar dari hangat sampai ke lumayan panas, mencapai lebih dari 30 °C di Montreal dan 15 °C Iqaluit, Nunavut. Di Vancouver, suhu biasanya di antara 0 sampai 25 °C sepanjang tahun, namun di beberapa tempat di padang rumput, suhu dapat serendah -40 °C pada musim dingin dan setinggi 35 °C pada musim panas. Di wilayah Danau-Danau Besar, suhu berkisar antara -30 °C sampai 35 °C. Negara ini mengalami empat musim berbeda.

MEKSIKO
Letak Astronomis       : 150 LU dan 320 LU dan antara 870 BB – 1170
Ikilm                            : Iklim Meksiko bervariasi besar dari perpanjangan utara-selatan dan bervariasi di daratan tinggi. Sebagian besar negeri memiliki dua musim: hujan (Juni-September) dan panas (Oktober-April). Umumnya curah hujan rendah di pedalaman dan utara. Curah hujan berlimpah di pesisir timur, di selatan, dan di Semenanjung Yucatan.

BRASIL
Letak Astronomis        : 5o LU – 34o LS dan antara  35o BB – 74o BB
Iklim                            : Brasil adalah tropis karena terletak di khatulistiwa dengan sedikit variasi. Di selatan, iklimnya lebih sedang, namun kadang mengalami salju. Curah hujan sangat tinggi di daerah Amazon sedangkan daerah yang lebih kering bisa ditemukan di daerah timur laut.Berdasarkan letak astronomisnya, sebagian besar wilayah Negara Brasil beriklim tropis dan hanya sebagian kecil saja yang beriklim sub tropis. Suhu udara terpanas 37,5oCTerjadi di wilayah timur laut Negara Brasil. Di sebelah selatanya suhu terpanas mencapai sekitar 29oC. Curah hujan paling tinggi mencapai 4.500 mm di daerah selatan kota Sao Paulo. Musim panas terjadi pada bulan November sampai bulan Mei, sedangkan nusim dingin terjadi pada bulan Mei sampai dengan September. Curah hujan rata-rata 2.000 mm setiap tahunnya.

BENUA EROPA
INGGRIS
Letak Aastronomis       :  50º LU – 60º LU dan 8 BBº – 2º BT.
Iklim                            : Inggris memiliki iklim laut sedang, dengan suhu tidak lebih rendah dari 0 °C (32 °F) pada musim dingin dan tidak lebih tinggi dari 32 °C (90 °F) pada musim panas.Cuacanya relatif lembab dan seringkali berubah-rubah. Cuaca terdingin terjadi pada bulan Januari dan Februari, terutama di wilayah pesisir. Sedangkan cuaca terpanas berlangsung pada bulan Juli. Bulan dengan cuaca sedang dan hangat adalah bulan Mei, Juni, September dan Oktober. Curah hujan tersebar cukup merata sepanjang tahun.Pengaruh terpenting pada iklim Inggris adalah kedekatannya dengan Samudera Atlantik. Inggris berlokasi di lintang utara dan pemanasan laut dihantarkan oleh Arus Gulf Curah hujan yang lebih tinggi terdapat di wilayah bagian barat, dan kawasan di bagian Danau District menerima hujan yang lebih sering dibandingkan dengan tempat manapun di Inggris. Sejak pencatatan cuaca mulai dilakukan, suhu tertinggi yang tercatat adalah 38.5 °C (101.3 °F) pada tanggal 10 Agustus 2003 di Brogdale, Kent.  Sedangkan suhu terendah adalah −26.1 °C (−15.0 °F) pada tanggal 10 Januari 1982 di Edgmond, Shropshire


PERANCIS
Letak Astronomis       : 42 LU – 51 LU dan 5 BB – 8 BT.
Iklim                            : Sebagian besar wilayah Negara Perancis beriklim laut sedang. Iklim ini sangat cocok sekali untuk kegiatan pertanian. Curah hujan rata-rata berkisar 500-1.200 mm setiap tahunnya. Suhu rata-ratanya sekitar 15oC. Suhu rendahnya 9oC terjadi di kota Lille, sedangkan suhu tertingginya 19,5oC terjadi di kota Strasbourg. Interior Prancis Di bagian tengah negara, ada kisaran suhu agak lebih luas daripada apa yang dilihat di utara. Di Paris suhu rata-rata pada bulan Juli adalah 64 derajat F dan adalah 36 derajat F pada Januari, seperti yang tercantum oleh Temukan Perancis.Kawasan Pegunungan Daerah pegunungan di Perancis termasuk Pyrenees di sebelah selatan dan pegunungan Massif Tengah dan Alpen di timur. Musim dingin yang bersalju dan dingin dengan kota Alpine Briançon, misalnya, mendapatkan suhu rata-rata 28 derajat F pada bulan Januari dan 63 derajat F pada bulan Juli.Southwest Perancis Di daerah di mana Aquitaine dan Poitou-Charente berada, ada kurang curah hujan besar daripada di bagian utara negara itu. Badai juga umum, menurut penulis di Perancis Way ini.Perancis Selatan Di sepanjang pantai Mediterania suhu lebih ringan menang. Seperti yang disebutkan oleh Temukan Perancis, Januari suhu sekitar 45 derajat F pada bulan Januari dan 73 derajat F pada bulan Juli.






Reaksi:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar