Tuesday, 9 September 2014

Begini Wajah Puncak Gunung Kelud setelah Meletus Dahsyat

Kediri - Pemandangan berbeda terlihat di daerah sekitar puncak Gunung Kelud. Pasca letusan pekan lalu, gunung yang terletak di perbatasan Kediri, Blitar, dan Malang ini gersang dan kering kerontang.



Foto ini diambil dari jarak 3 kilometer dari puncak, tepatnya di Desa Ngancar, Kecamatan Ngancar, Kediri, Minggu (16/2/2014). Saat itu, abu masih terlihat jelas di sekitar puncak. Asap putih tipis juga masih terlihat di sela-sela cekungan. 

Ada aliran lahar di beberapa titik di dekat puncak. Tanahnya merekah. Di kanan kirinya, bukit batu hitam terlihat kokoh. Ada bagian yang memutih karena diselimuti abu.

Pepohonan di sekitar puncak hanya menyisakan batang dan dahan karena daunnya musnah diterjang material dan abu. Ini sangat kontras dengan kondisi awal. Karena sebelumnya, kawasan tersebut serba hijau oleh pepohonan. 

Kelud meletus dahsyat, Kamis (13/2) malam. Dentumannya terdengar hingga jarak ratusan kilometer seperti Solo, Yogyakarta, dan Jawa Tengah bagian utara. Keesokan harinya, abu bertebaran ke mana-mana.

Letusan Kelud tak hanya membuat kota-kota di sebelah barat Kediri diselimuti abu, tapi juga penerbangan terganggu. Dari Bandara Juanda hingga Hussein Sastranegara sempat ditutup. Bahkan Bandara Solo dan Yogyakarta, hingga saat ini masih ditutup dan baru dibuka Rabu besok.


Sumber: Zainal Effendi - detikNews

Reactions:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment