Thursday, 9 October 2014

COBAN GLOTAK

Air Terjun Coban Glotak terletak di dekat Desa Bedalisodo Kec. Wagir, Kabupaten Malang dan berjarak sekitar 13 km ke arah barat dari Kota Malang. Untuk mencapai air terjun ini Anda harus menuju Desa Bedalisodo terlebih dahulu, karena desa tersebut berada paling dekat dengan lokasi coban. 
Untuk menuju ke sana lumayan sulit karena harus menyusuri sungai. Kondisi jalannya masih berupa makadam dan sebagian tanah liat. Dari Desa Bedalisodo perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak mengikuti aliran Sungai Dem yang mengalir dari Coban Glotak. Anda akan melewati hutan yang masih alami, banyak pohon-pohon besar yang akan kita lewati, bahkan masih banyak terdengar suara satwa liar. Untuk mencapai coban berbagai macam rintangan dalam perjalanan seperti menyusuri jalan setapak, semak belukar, sungai yang deras serta jalan yang berkelok-kelok dan naik turun. Hati-hati juga dengan lintah bila melewati sungai.
Coban ini memiliki ketinggian sekitar 100 m dan berada di lereng Gunung Kawi. Menurut masyarakat setempat Coban Glotak ini merupakan coban terakhir dari tujuh coban lainnya yang berada di atasnya. Lingkungan di coban ini masih sangat alami. Konon, nama Coban Glotak itu berasal dari bunyi bebatuan yang jatuh bersama jatuhnya air terjun. Bebatuan yang jatuh dan dibawa air itu menimbulkan bunyi klotak-klotak. Hal itulah yang kemudian nama air terjun tersebut dinamakan Coban Glotak. Dan hingga saat ini, bebunyian itu masih bisa didengar saat malam hari tiba.

Reactions:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment