gua china.jpg1Kabupaten Malang menyimpan banyak sekali pesona wisata. Khususnya pantai-pantainya. Wisata pantai tersebar di wilayah Malang bagian selatan. Objek wisata di daerah ini tak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali bahkan luar negeri sekalipun. Salah satunya adalah Pantai Gua China. 
Pantai Gua China memiliki kisah dan sejarah yang unik. Konon menurut cerita masyarakat setempat, ada sebuah gua di bukit pinggir pantai yang digunakan oleh seorang pertapa China untuk bersemedi. Akhirnya pertapa itu meninggal di gua tersebut. Hal itu diketahui ketika seseorang masuk, hanya ada tulang belulang sang biksu dan tulisan Mandarin di langit-langit gua. Hingga akhirnya pantai ini dinamakan Pantai Gua China oleh masyarakat. Mitosnya, gua ini juga sering dijadikan tempat mencari ‘nomor keberuntungan’. Nilai magis dan sisi kemisteriusan masih selalu mewarnai gua ini.
goa_cina_1-2_resize1Pantai Gua China terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan. Pantai yang masih perawan ini hanya berjarak sekitar 6 km dari arah barat Pantai Sendang Biru. Objek wisata ini masih sangat alami. Warna air laut yang jernih dan bersih, dibalut oleh pasir putih yang lembut membuat pantai ini sangat menakjubkan. Pohon-pohon seperti cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar rapi di area pinggir pantai. Selain membuat suasana asri, pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung. Keberadaan tiga pulau yang berada di tengah-tengah pantai Gua China membuat pandangan mata lebih indah. Tiga pulau itu adalah Pulau Bantengan, Pulau Gua China, dan Pulau Nyonya.
SSeperti namanya, di pantai ini terdapat sebuah gua yang menjadi daya tarik tersendiri. Keberadaan gua ini terletak di sisi kanan pantai sekitar 50 meter dan berada di bukit karang. Gua tersebut berupa rongga yang menjorok sekitar 8 meter dengan ketinggian kira-kira 2 meter. Siapa pun bisa masuk dengan mudah. Ruangan di dalamnya juga cukup lebar, bisa untuk  berjalan beriringan dua orang. Lebarnya kira-kira 2 meter-an. Tidak terlihat batu-batu stalaktit maupun stalakmit di dalam gua ini. Meskipun begitu, gua ini terlihat memiliki nilai magis yang kuat.
goa china3Pantai Gua China juga menyediakan area camping untuk wisatawan berkemah. Karena keindahannya, tak sedikit yang memanfaatkan lokasi wisata ini untuk fotopre-wedding.  
goa china 4